Siaga Ramadhan : “Stand Cek Kesehatan”

Jakarta, 30 Juli 2012. 

Selepas ashar, tim Siaga Sehat CSF RZ bersama member Rumah Zakat ICD Pasar Minggu mengadakan sejumlah cek kesehatan serta konsultasi gratis. Sasaran dari kegiatan ini adalah semua warga pasar minggu yang datang langsung ke stand kami dengan target 100 penerima manfaat.

Acara ini berlangsung “crowded” karena stand berada di tempat umum dan masyarakat sekitar cukup antusias namun apadaya tim kesehatan hanya 3 orang yang dibantu oleh 5 orang kader.

Tentunya cek kesehatan yang tepat dikala bulan puasa ini adalah cek “GULA DARAH”, dimana kita ketahui bahwa kadar gula darah normal sewaktu (tidak puasa –red) itu berbeda dengan kadar gula darah ketika puasa. Kadar gula darah normal ketika puasa adalah dibawah 110 mg/dL dan dikatakan mengidap penyakit diabetes jika kadar gulanya lebih dari atau sama dengan 126 mg/dL. Jika kadar gula darah berada di antara 110 dan 126, berarti orang tersebut berada di level Intermediate Hyperglycaemia (IFG dan IGT) yang berarti orang tersebut berada di antara normal dan diabetes. Pada tahap ini pasien harus berhati – hati dan mengatur setiap asupan gizinya. Sedangkan Gula darah sewaktu normalnya adalah dibawah 140 mg/dL, dan kadar gula penderita diabetes berada diatas 200 mg/dL. Berada di antara kedua level tersebut berarti berada pada kondisi Intermediate.

Selain cek gula darah, kami juga mengadakan cek asam urat sebagai penyakit masyarakat lain yang banyak dikeluhkan masyarakat, seperti : Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan membengkak dan berwarna kemerahan (meradang), Biasanya persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari, Rasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang, Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan dan siku, Pada kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat bergerak. Cek kesehatan lainnya yaitu cek kolesterol bagi orang berisiko, yang pada kesempatan ini ada 5 orang yang kami cek, 1 diantaranya kolesterol tinggi dan 2 diantaranya waspada kolesterol tinggi.

Tugas saya selain sebagai PIC, pada kesempatan tersebut juga berperan mengecek gula darah juga memberikan konsultasi kesehatan. Ada beberapa pasien yang memang “terbayang – bayang” sampai detik ini. Salah satunya adalah seorang “bapak tua” yang mengidap Asam Urat tinggi, waspada Diabetes Melitus juga Hipertensi (darah tinggi–red), beliau sangat melas, patut dan layak dikasihani juga santun. Setelah ditanya kerjanya apa, ternyata beliau hanya seorang penjaja tisue di bis, naik bis satu ke bis lainnya, tugasnya di jalanan. Sangat miris melihat kondisi rakyat Indonesia yang masih jauh dari taraf sejahtera bahkan sulit mendapat fasilitas kesehatan yang kian hari kian mencekik rakyatnya.

Selain “bapak tua” tersebut ada seorang ibu muda dengan satu orang anak yang mengidap penyakit jantung serta gizi buruk, usia anaknya sekitar 2 tahun. Balita tersebut pastinya memerlukan pengobatan rutin setiap pekannya yaitu tetap harus bolak – balik RS Jantung dan RSAB untuk memeriksa dua penyakitnya tersebut. Padahal ayahnya pun hanya seorang buruh yang tidak mampu.

Betapa batin saya tertusuk ketika mendapati diri belum bisa membantunya. Namun, mari bersama mendoakan akan kemudahan rezeki juga diangkatnya penyakit kaum dhuafa tersebut. Aamiin.

Acara pun selesai dengan sekitar 177 penerima manfaat.

Silahkan Tinggalkan Komentar :)

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s